Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Oleh: Saif Al Hadi*
A. Pengertian
Opini adalah suatu pernyataan mengenai sesuatu yang sifatnya bertentangan atau "an opinion is some expression on controversial point". Opini itu dinyatakan kepada sesuatu hal yang kontroversial atau sedikit-dikitnya terdapat pandangan yang berlainan mengenai masalah tersebut. Menurut kamus besar bahasa indonesia sangat sederhana: pendapat, pikiran, atau pendirian.
Opini sendiri adalah salah satu bentuk ragam tulisan jurnalistik yang lebih luwes dan subjektif berdasarkan penulisnya. Dalam opini, penulis dibebaskan mengungangkapkan pendapatnya asalkan disertai alasan-alasan logis.
Ada dua langkah utama dalam pelatihan menulis opini ini, penyusunan kerangka dan penulisan.
B. Penyusunan Kerangka
Berdasarkan pengertian di atas bahwa opini adalah sebuah ungkapan, ekspresi, dan pendapat seseorang. Oleh karena itu, hal utama yang harus dimiliki seseorang untuk dapat menulis opini adalah pikiran yang kritis, logis, mampu membuka pikiran untuk menerima, menimbang, dan tidak menyetujui pendapat orang lain. Oleh karena itu, sebelum menulis opini, alangkah lebih baiknya jika diawali dengan kegiatan berdiskusi.
Adapun beberapa alat dan bahan yang bisa dibawa untuk membantu proses diskusi.
* alat tulis seperti buku, kertas, pen, lapotop, atau hal-hal lain yg dapat mendukung.
* tema opini apa yang ingin ditulis sesuai dengan minat, kesukaan, atau pengetahuan yang disukai.
* Bawa beberapa (minimal dua) referensi berupa artikel, serangkaian fakta atau apa saja yang mendukung isi yang akan ditulis. Usahakan setiap referensi memiliki inti yang berbeda. Misalnya artikel tentang anggaran biaya DPR, satu artikel setuju dan artikel lainnya tidak setuju, satu artikel membahas kegunaan anggaran, artikel lainnnya bisa membahas tentang proses anggaran.
* Membawa tape recorder, HP atau alat lainnya yang dapat merekam suara.
Proses kegiatan
Berikut ini adalah kegiatan bertukar pikiran yang bisa dilakukan untuk menambah bahan tulisan.
o Peserta dapat melaksanakan kegiatan diskusi bersama atau dibagi dalam beberpa kelompok untuk mempersingkat waktu.
o Setiap peserta mempresentasikan dan mampu menanggapi berbagai bahan yang telah dibawa.
o menanggapi setiap artikel beserta alasan, ilustrasi, fakta, dan contoh.
o Menyetujui dan tidak menyetujui setiap artikel beserta alasan, ilustrasi, fakta, dan contoh.
o Memaparkan semua bahan yang dipersiapkan.Peserta diharuskan mengungkapkan pendapatnya. Peserta dibebaskan untuk berpendapat asalkan mampu memberikan alasan yang logis. Selain itu, peserta juga harus bisa memberikan ilustrasi, contoh fakta, atau bahkan teori yang berkaitan dengan pendapatnya tersebut.
Contoh:
Penebangan hutan lindung di Indonesia ini sudah semakin liar dan itu bisa mengancam ekosistem. Demi tercapainya perekonomian yang baik, pemerintah rela menjual hutan lindung kepada perusahaan pertambangan. Hutan lindung adalah salah satu sumber daya alam yang tak bisa diperbarui lagi.Kalaupun bisa dengan penanaman ulang, fungsinya akan mengalami penurunan. Hutan lindung sebagai penyeimbang ekosistem, udara, air, makanan, dan banyak hal bias didapat dari sana.
o Peserta lain yang belum ataupun sudah mempresentasikan artikelnya boleh (bahkan harus) bisa menanyakan beberpa hal mengenai presentasi. Selain itu, peserta lain juga boleh menanggapi, menyatakan setuju dan tidak setuju, memberikan masukan, kritik, dan saran presentasi. Hal ini dilakukan untuk menambah bahan dan pendapat dari orang lain. Tentu tidak semua pendapat itu mendukung, tetapi ada juga yang menolak. Pertukaran pendapat ini bisa dilakukan sampai tiga atau minimal sudah berimbang antara yang mendukung dan yang menolak. Setelah pendapatnya ditukarkan, peserta lain mencoba mengkaji pendapat tersebut dan memberikan pendapatnya yang menyetujui atau bahkan menolak pendapat awal.
Contoh:
Setuju
Dengan harga yang teramat murah, pemerintah menjual hutan lindung kepada perusahaan senilai Rp 120 samapi Rp 300/ meternya. Harga itu terlalu murah jika melihat fungsi hutan lindung yang sangat vital dalam kehidupan banyak makhluk. Semakin sedikitnya hutan lindung, kebutuhan akan pangan, udara, dan sebagainya yang berasal dari hutan akan semkin menipis. Banyak binatang yang akan terancam pubah karena tempat tinggalnya telah ditiadakan. Bahkan, bisa juga terjadi bencana alam yang diakibatkan oleh penggundulan hutan seperti banjir dan longsor.
Menolak
Tidak semua hal mengenai penggundulan hutan lindung itu tidak baik. Pemerintah menjual hutan lindung tersebut untuk dijadikan pertambangan terbuka oleh perusahaan swasta. Tentu hal itu bisa menambah kas negara sebagai bentuk investasi dari perusahaan bukan milik negara, baik itu perusahaan asing maupun lokal. Selain itu, dengan pertambangan yang baru, otomatis perusahaan membutuhkan banyak tenaga kerja. Ini akan menimbulkan peluang kerja bagi masyarakat dan mengurangi jumlah pengangguran dalam negei. Masyarakat diuntungkan dengan keadaan itu.
o Kritik, saran, dan segala jenis masukan dari peserta lain wajib ditulis oleh peserta presentasi.
o Peserta presentasi diwajibkan untuk merekam kegiatan presentasi dan diskusi temanya sendiri dengan alat perekam yang telah tersedia. Dengan rekaman tersebut, calon penulis opini bisa menuliskan rekaman diskusi sebagai bahan tambahan yang mungkin tidak tertulis dalam catatan.
o Kiranya berbagai pendapat tersebut sudah lengkap, maka langkah selanjutnya adalah penulis atau peserta yang memberikan pendapat awal itu harus mengkaji kembali pendapatnya yang telah diimbangi atau bahkan didukung pendapat orang lain.
o Setelah mengkaji, penulis harus bisa memberikan solusi mengenai berbagai permasalah yang telah diuraikan.
o Langkah terakhir adalah menentukan kerangka dan alur tulisan yang akan dibuat. Secara umum, opini itu berisi mengenai permasalaha, latar belakang masalah, pendapat-pendapat dan solusi. Setiap peserta bisa merangkai sesuka hati, namun kerangka yang umum permasalahan selalu di awal dan diakhiri dengan solusi. Latar belakang dan pendapat ditulis sebagai pendukung permasalahan.
Contoh:
Penebangan hutan lindung → penebangan ini dilakukan oleh perusahaan yang akan membuka penambangan → penebangan tersebut bisa mengancam keseimbangan ekosistem → penebangan tersbeut untuk membuka lahan pertambangan yang bisa memberikan lapangan kerja dan menambah kas negara → pemerintah harus lebih bijak dalam memutuskan hal tersebut.
Dari kerangka tersebut, penulis kemudian akan mengembangkan setiap bagian-bagian tersebut dalam penjelasan yang lebih panjang disertai dengan berbagai fakta, contoh, dan ilustrasi.
C. Penulisan
Secara keseluruhan, elemen-elemen dalam opini banyak kesamaan dengan berita, karena keduanya masih satu bagian dalam jurnalistik. Elemen-elemen tersebut seperti Lead, Angel, penentuan judul dan sebagainya.
1. Lead
Lead merupakan satu atau dua kalimat pengantar yang selalu ditulis di awal tulisan. Penulisan lead ini sangat penting karena akan mempengaruhi penulisan selanjutnya. Lead itu harus ditulis semenarik mungkin untuk bisa menarik para pembaca. Berikut adalah jenis-jenis lead.
• Lead deskripsi. Lead ini bersifat menggambarkan. Contoh:
Kisah ini mungkin sudah berlalu sangat lama kurang lebih empat tahun yang lalu, tapi semua itu masih lekat tersimpan dalam benak saya. Betapa saat itu saya melihat seorang wanita dengan sangat tabah dan tegar mengantar kepergian sang suami tercinta ke pangkuan sang Khaliq.
• Lead pertanyaan. Lead ini bersifat menanyakan mengenai sebuah permasalahan, dan isi tulisan adalah jawabannya. Contoh:
Porsi makan yang hanya dua kali sehari selama bulan Ramadhan seringkali dijadikan alasan untuk mengkonsumsi supelemen vitamin tambahan. Apalagi di Eropa bulan puasa tahun ini jatuh pada musin gugur. Musim pancaroba di saat seringnya mewabah penyakit influenza. Haruskah mengkonsumi suplemen tambahan?
• Lead ringkasan. Lead ini sifatnya meringkas isi tulisan Contoh:
Berbagai kalangan sadar, perempuan adalah kunci masa depan bangsa Indonesia. Namun, banyak yang lalai memberdayakan mereka. Pemerintah tak banyak diharapkan. Kunci pemberdayaan hanya ada pada civil society.
• Lead bercerita. Lead ini berusaha menceritakan sebuah kisah yang masih terkai dengan isi. Contoh:
Toha gelagapan. Ia seperti menghirup ruang hampa. Sebisanya ia mengisap corong udara di hidungnya. Tapi sia-sia. Tabung oksigen di punggungnya ternyata sudah kosong. Ia panik. Permukaan laut masih puluhan depa di atasnya.
2. Memilih Angle (Sudut Pandang)
Sebuah fakta bisa dilihat dari berbagai sudut pandang. Begitu pula opini. Opini tentang penebangan hutan lindung itu bisa dilihat dengan sudut pandang alternatif, misalnya:
• Upaya pemerintah menanggapi penebangan liar
• Perekonomian pertambangan
• Perusakan alam
Karena banyaknya kemungkinan penulisan itu, maka penulis yang baik harus mampu menetapkan sebuah sudut pandang (angle) yang akan ditulis.
Mengapa angle itu menjadi penting?
• Agar tulisan terfokus
• Untuk memilah penulisan mulai dari prioritas tertinggi
• hingga prioritas terendah
Perhatikan beberapa hal berikut sebelum menetapkan sebuah sudut pandang:
• Siapa sasaran pembaca utama tulisan kita?
• Apa informasi terbaru yang ada dalam tulisan itu?
• Apa isu utama yang berkembang di masyarakat?
3. Menentukan Judul
Judul adalah kalimat pertama yang dibaca dalam sebuah berita.“Nasib” tulisan selanjutnya sangat tergantung pada judul. Judul yang baik akan mampu memikat pembaca untuk terus melahap opini yang kita tulis. Karena itu, judul harus:
• Menggambarkan isi berita
• Jelas, ringkas, mudah dimengerti
• Tidak bermakna ganda
• Merangsang minat pembaca
• Tidak bombastis, “menipu”
Kesulitan yang sering dihadapi penulis adalah membuat judul yang pendek namun lengkap. Kesulitan ini bisa diatasi dengan memecah judul itu menjadi dua bagian.
Contoh:
Korban Flu Burung Bertambah, Amerika Kirim Bantuan Tenaga Ahli. Judul itu bisa “dipecah” menjadi dua bagian (sub judul dan judul)
Korban Flu Burung Bertambah (sub)
Amerika Kirim Tenaga Ahli (utama)
Meski bisa dibenarkan, pemecahan judul seperti itu sebetulnya tidak disarankan. Namun karena kesulitan teknis, misalnya keterbatasan ruang, cara pemecahan sering harus dilakukan.
Beberapa Kaidah Penulisan Judul
• Semua kata di dalam judul dimulai dengan huruf besar, kecuali kata sambung seperti di, yang, bila, dalam, pada, oleh, untuk, dan kata-kata lainnya yang ditentukan redaksi.
• Judul tidak dimulai dengan angka. Penggunaan angka di awal judul bertentangan dengan kaidah bahasa.
o 115 Orang Dirawat di RSPI Sulianti Saroso 􀃆 Salah
o Sebanyak 115 Orang Dirawat di RSPI Sulianti Saroso 􀃆 Benar
• Hindari penggunaan singkatan
o Menkes: Indonesia Masuk Status KLB
o Megawati: PDIP belum Perlu Melaksanakan KLB
o Dua Pengemplang BLBI Lolos Berkat SP3
o Pengelola TPI Angke Gugat Berita TPI
o Delegasi Irak Kagumi Mekanisme PBB Indonesia
Singkatan-singkatan itu membingungkan, menggambarkan kemalasan berpikir.
• Hindari penggunaan kalimat pasif.
o Direksi Pertamina Akan Diganti 􀃆 Tidak tepat
o Pemerintah Rombak Direksi Pertamina 􀃆 Tepat
• Hindari Judul yang “Jauh Panggang dari Api”
o Bos Pertamina Dicopot
Padahal, dalam tubuh berita, isinya adalah rencana pemerintah mengganti Direktur Utama Pertamina. Baru rencana, belum dilaksanakan.
Selamat menulis!
Rujukan:
Suprapto, Dian. Teknik Menulis Profesional, Belajar Menulis Feature. www.kharisma.de
Priyambodo Daru. Menulis Berita di Media Cetak dan Media Elektronik. Makalah pelatihan.
Saif Al Hadi* adalah reporter CV. Mahamedia Cipta Caraka yang menangani berbagai majalah kedinasan dari ditjen dan badan di dalam Kementrian Pendidikan dan Budaya Rebuplik Indonesia. Majalah tersebut seperti Guru, PTK Dikmen, P2TK Dikdas, Budaya Mutu, dan Misi.

1 komentar:

  1. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus

Bottom Ad [Post Page]