Mari membangun Bangsa dengan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Sabtu, 19 Februari 2011

METODE MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN TEKNIK SKEMA

Ditulis oleh Ardini Indah Tri Lestari

Membaca merupakan suatu proses kegiatan aktif yang memerlukan pemahaman terhadap apa yang sudah dibaca dari suatu bacaan. Membaca bukan hanya sekedar memahami lambang-lambang tertulis melainkan pula memahami, menerima, menolak, membandingkan, dan meyakini pendapat-pendapat yang ada dalam bacaan.
Pembelajaran membaca pemahaman menggunakan teknik skema merupakan salah satu upaya tepat karena dengan teknik skema siswa harus menghubungkan pengalamannya dengan pengalaman yang ada dalam kelas. Jadi dengan beberapa pemahaman yang dimiliki siswa dapat membantu siswa untuk memahami isi yang ada dalam teks bacaan. Menurut Sujana (1995) langkah-langkah pembelajaran menggunakan teknik skema adalah :
1) Bersikap positif terhadap apa yang diketahui murid. Jadikanlah apa yang telah diketahui murid itu sebagai batu loncatan dalam usaha menolong mengembangkan konsep-konsep yang diperlukan.
2) Menggunakan analogi perbandingan bahkan kalu perlu perbandingan metaforis untuk menjebatani apa yang telah mereka ketahui dengan hal-hal baru atau asing.
3) Memberikan contoh sebanyak-banyaknya mengenai konsep yang baru itu
4) Metaforis untuk menjembatani apa yang telah mereka ketahui dengan hal-hal baru atau asing
5) Memberikan contoh sebanyak-banyaknya mengenai konsep yang baru itu.
Adapun langkah-langkah inplementasi tindakan pembelajaran membaca dengan teknik skema adalah:
1) Guru dan siswa berdiskusi tentang materi yang akan diberikan
2) Guru memberikan petunjuk yang berupa outline dan gambar yang ada hubungannya dengan materi bacaan dan skemata siswa
3) Siswa memberikan tanggapan terhadap judul bacaan
4) Siswa membaca teks bacaan, dilanjutkan menuliskan kata-kata sukar
5) Siswa mengungkapkan ide pokok setiap paragraf
6) Siswa menceritakan kembali isi bacaan dengan bahasanya sendiri

Penerapan model pembelajaran dengan teknik skema dapat dilakukan pada kegiatan membaca sebuah wacana. Diharapkan dengan penggunaan teknik skema dapat mempermudah siswa untuk memahami isi dari sebuah wacana, sedangkan penerapan teknik di kelas dapat dilakukan sebagai berikut:
1) Guru menjelaskan materi yang akan diberikan
2) Guru menunjukkan tujuan pembelajaran dan judul bacaan pada media yang berupa OHP misalnya judul wacana “Kiat Sukses Jadi Bintang Kelas”.
3) Guru meminta siswa untuk menanggapi judul wacana. Tanggapan siswa dituliskan pada outline yang telah dipersiapkan oleh Guru.
4) Siswa diminta membaca teks bacaan “Kiat Sukses Jadi Bintang Kelas”, dilanjutkan menuliskan kata-kata sukar kemudian mendiskusikan kata-kata sukar tersebut.
5) Kegiatan selanjutnya Guru meminta siswa untuk menuliskan ide pokok wacana dan menggabungkannya menjadi paragraf yang padu . kegiatannya dapat dilakukan secara individu maupun kelompok. Untuk memudahkan siswa memahami bacaan dalam menemukan ide pokok maka siswa diminta menghubungkan tanggapan siswa yang sudah dituliskan pada outline (outline pada kegiatan 3).

Dalam teknik skema di atas tujuan dari guru meminta siswa menanggapi judul bacaan adalah diharapkan sebelum siswa membaca bacaan, siswa menggunakan skematanya sendiri melalui pemberian tanggapan terhadap judul bacaan sesuai kemampuannya masing-masing sehingga hasil skematanya nanti dapat mempermudah siswa dalam memahami isi dari bacaan yang disajikan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar